Senin, 11 April 2011

SAHABAT SEJATI

“Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu dan menjadi saudara dalam kesukaran.” (Amsal 17 :17)

Teman  atau  sahabat  adalah  seseorang  yang  cocok  dan dapat mengikuti dan dapat menikmati sebuah atau beberapa minat yang sama. Maksud saya bukan minat memakai dan menjual narkoba atau menonton dvd porno. Teman adalah seseorang yang mendukung anda bilamana diperlukan. Bukan mendukung anda jadi gigolo dan menjadi simpanan suami orang maksudnya. Menjadi teman  memungkingkan seseorang bebas memilih dan terbang kesana kemari dan menemukan pengalaman baru. Bersahabat merupakan bentuk pertemanan yang lebih dalam dengan memiliki sebuah ikatan yang bial persahabatan itu tidak sehat, acap kali membuat anda tak bisa terbang. Kalaupun bisa terbang, terbang tak bisa tinggi karna satu kakinya terikat. Dan itu akan menyengsarakan kedua pihak. Baik yang mau terbang dan yang mau mengikat kaki yang terbang (Samuel Mulia,  kompas 2006).
Dalam dunia ini kita harus hati-hati untuk menjalin persahabatan. Banyak kisah menceritakan bahwasanya tidak jarang sebuah persahabatan berakhir dengan tragis. Penyebabnya macam-macam: tidak peduli, cuek, fitnah, lalai, gosip bahkan pengkhianatan. Ada orang banyak sahabat di saat sukses dan kaya. Salomo katakan:”….Tetapi sahabat orang kaya banyak “ (Amsal 14:20).
Sesungguhnya sahabat yang baik dan sejati dapat kita lihat di saat kita menghadapi masalah, persoalan dan berbagai macam kesakitan dan tantangan hidup, mereka tetap baik bahkan selalu memberikan dorongan dan ketaatan kepada kita. Seorang sahabat yang sejati lebih dari keluarga sendiri. Firman Allah tuliskan: “Ada teman yang mendatangkan kecelakaan tetapi ada juga sahabat yang lebih karib dari saudara” (Amsal 18:24). Akhirnya, kita harus hati-hati dalam menjalin persahabatan. Yakobus katakan:”….Tidakkah kamu tahu bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah.”(Yakobus 4:4).(DR)
Doa: Tuhan Yesus, biarlah Roh Kudus menuntunku untuk menemukan & membangun sebuah persahabatan sejati dengan orangl lain. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar