Kamis, 21 April 2011

LAKUKANLAH YANG BAIK

Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Matius 7:12.

Seorang manager sebuah toko sepatu pusing menghadapi tingkah anak buahnya yang seringkali terlambat membuka ‘rolling door’ toko mereka. Berbagai upaya telah dilakukan, mulai dari teguran lisan, tertulis bahkan sampai ancaman pemberhentian, sama sekali tidak dihiraukan. Tetap saja ia menjumpai anak buahnya terlambat membuka ‘rolling door’ toko. Akhirnya ia memutuskan untuk melakukannya sendiri. Satu hari berlalu. Dua hari berlalu. Satu minggu pun berlalu, ia tetap melakukan pekerjaan membuka ‘rolling door’ toko. Sampai pada suatu pagi di hari Senin ia menjumpai ‘rolling door’ toko telah di buka terlebih dahulu oleh anak buahnya sesuai dengan waktu yang telah ia tentukan.

Kadangkala kita menghadapi kendala dalam membina relasi dengan orang lain. Ada hal-hal yang kita tidak sukai dari tindakan mereka terhadap kita. Biasanya kita cenderung untuk menghindari mereka daripada menerima perlakuan buruk mereka. Tetapi masalahnya adalah seringkali orang-orang yang demikian justru orang yang harus kita hadapi setiap hari. Misalnya: para kernet bus angkutan atau supervisor kita di pabrik. Apa yang harus kita lakukan kepada mereka ?

Tuhan Yesus memberikan solusi terbaik bagi kita. Jangan pernah berharap orang akan berbuat baik kepadamu tanpa engkau sendiri mulai berbuat baik. Kita adalah anak-anak terang. Jadi jangan minta kegelapan bersinar. Gelap tidak akan bersinar. Tetapi engkau - anak terang – bersinarlah ! Bukankah tempat yang gelap akan menjadi terang bila disinari ?  Bukankah orang yang tak tahu kebaikan akan berbuat baik bila engkau memberi teladan kepada mereka ?

Bila demikian berarti kuncinya sekarang ada padamu. Bila engkau berharap orang berbuat baik padamu, perbuatlah demikian kepada mereka ! Yesus memang luarbiasa.

Doa Pengakuan: Tuhan Yesus hari aku akan berbuat baik kepada semua orang, terutama kepada mereka yang sering kuhindari. Amin.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar