Kamis, 28 April 2011

Bagaimana hubungan kita dengan sesama

“Tetapi yang terutama, kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa." 1 Petrus 4:8

Telah dinubuatkan bahwa di hari-hari terakhir, kasih banyak orang akan menjadi dingin. Tetapi justru kita sebagai orang percaya, diingatkan supaya semakin bersungguh-sungguh dalam mengasihi, berbuat baik terhadap sesama, karena kasih menutupi segala pelanggaran. Siapakah sesamamu itu? Yesus menceritakan perumpamaan tentang seorang Samaria yang murah hati (Matius 10:30-37). Orang Samaria yang dianggap rendah oleh orang-orang Yahudi, justru yang mau memberikan perhatian kepada orang yang sekarat walaupun tidak dikenalnya. Dengan segenap hati orang Samaria tersebut menolong, bukan untuk mendapat pujian orang.
Yesus berkata: “Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudaraKu yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku." Ketika saya menemani istri saya berobat di Malaysia, selama tiga minggu kami tidak tahu dimana kami akan beribadah. Pada hari Minggu keempat, saya pergi ke gereja Presbiterian yang tidak terlalu jauh dari tempat kami menginap. Saya berjalan kaki ke gereja tersebut. Ketika sampai di gereja itu dengan baju yang basah keringat, saya kemudian mendapati bahwa kebaktian di gereja tersebut menggunakan bahasa Mandarin. Tiba-tiba saja dari dalam gereja, keluar seorang bapak bernama Dr. Tan. Ketika dia tahu saya berasal dari Jakarta, dia langsung mengajak saya ke tempat parkir dan mempersilahkan saya naik mobilnya, kemudian mengantar saya ke gereja yang saya ingini. Bahkan setelah kami pulang beribadah di gereja yang keduapun, dia mengantar saya membeli makanan untuk istri saya. Puji Tuhan.
Betapa indahnya kehidupan orang Kristen yang memiliki belas kasihan untuk menolong orang lain. 1 Petrus 1:22 “Karena kamu telah menyucikan dirimu oleh ketaatan kepada kebenaran, sehingga kamu dapat mengamalkan kasih persaudaraan yang tulus ikhlas, hendaklah kamu bersungguh-sungguh saling mengasihi dengan segenap hatimu.”(AI)

Doa: Tuhan, berikan kami ketaatan untuk berbuat baik, dan mampukan kami untuk dapat menolong orang lain. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar