Rabu, 27 April 2011

Banyak Diampuni, Banyak Berbuat Kasih

“… Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat kasih” (Luk 7:47)

Alkitab berkata bahwa semua manusia sudah berbuat dosa, dan akibatnya harus menerima penghukuman dari Tuhan. Saya dan saudara juga sudah banyak berbuat dosa. Sadar ataupun tidak, setiap hari kita berbuat dosa. Menurut Yakobus 4:17, “Jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa.” Tuhan melarang kita mengingini apa yang orang lain miliki, tetapi setiap saat kita ingin apa yang orang lain miliki. Kita justru termotivasi untuk memperoleh sesuatu karena keinginan melihat apa yang dimiliki orang lian. Tiap hari kita pasti punya keinginan, maka tiap hari juga kita berdosa. Namun syukur Tuhan mengampuni segala dosa kita. (Maz 103:3 dan I Yoh 1:9 ).Karena kita sudah banyak diampuni, maka seharusnya kita banyak berbuat kasih. Perempuan dalam Lukas 7:36-50 telah menerima pengampunan dari dosanya yang banyak. Ia tidak merasa rugi dengan menuangkan parfum  ke kaki yesus. Orang menilai perbuatan itu sebagai pemborosan (Yoh 12:4-5). Bila kita menyadari betapa besar kasih dan pengampunan yang Tuhan telah berikan maka kita pasti tidak akan memperhitungkan apa saja yang dapat kita berikan sebagai bukti kasih kita kepadaNya. Yesus menilai apa yang dilakukan perempuan itu berhubungan erat dengan kematianNya (Mark 7:8).
Saat Paskah kita memperingati hari kematian Yesus. Ia mati sebagai bukti kasihNya pada kita. Sungguh besar kasih dan pengampunan yang ia berikan pada kita. Apakah yang kita perbuat untuk Tuhan sebagai tanda kasih kita bagi Dia ? . (MJRT)

Doa: Tuhan Yesus terima kasih untuk kasih dan pengampunan yang Engkau telah berikan untuk saya. Mampukan saya untuk memberi yang terbaik untukMu. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar