Senin, 25 April 2011

Apa yang di tanganmu?

Tuhan berfirman kepadanya : “Apakah yang di tanganmu itu ? Jawab Musa : “Tongkat.”  (Keluaran 4:2)

MUSA, setelah berusia 80 tahun dipanggil Tuhan menjadi pembebas umat Israel yang 400 tahun hidup dalam perbudakan di Mesir.  Mereka ditindas, ditekan, miskin dan menderita. Tetapi Tuhan mendengar teriakan Israel yang memohon pembebasan, lalu Allah menugaskan Musa untuk menjadi pembebas. Musa meminta tanda dari Tuhan sebagai bukti panggilan tugasnya yang berat dan besar itu. Kita seringkali bertingkah seperti Musa, selalu banyak dalih dan alasan mengelak dari pelayanan. Kata Tuhan kepada Musa : ”Apakah yang di tanganmu?” Tuhan tidak tanya berapa depositomu di bank, atau gelar apa yang kau miliki, atau jabatan apa yang kau punya. Tuhan bertanya apa yang ada di tanganmu, bukan yang tidak ada.  Musa menjawab : ”Tongkat.” Latar belakang Musa dalam 40 tahun paruh kedua usianya ialah profesi penggembala ternak. Identitas seorang gembala hewan, ia memiliki tongkat.
Atas perintah Tuhan, tongkat sederhana itu dilempar, dan berubah menjadi ular. Lalu dipegang ekor ularnya, kembali jadi tongkat. Tuhan lalu menyuruh Musa memasukkan tangan di bajunya, tangannya menjadi kusta. Kembali tangannya diselinapkan ke dalam bajunya dan ketika ditarik pulih kembali.  Inilah bukti Tuhan bisa memakai Musa dengan sesuatu yang biasa, yang normal, di tangannya, bahkan Tuhan dapat menggunakan tangannya kalaupun tidak ada apa-apa.
Barangkali yang ada di tangan kita sederhana, kecil, namun Tuhan dapat memakai apa yang tidak berarti. Jangan sepelekan apa yang di tanganmu. Kalau kita persembahkan untuk Tuhan, Dia sanggup mengubah yang biasa-biasa, yang sedikit, yang dianggap remeh, menjadi sesuatu yang luar biasa! Apa yang ada di tanganmu, gunakanlah untuk Tuhan dan pelayananNya.(MDW)

Doa: Tuhan Yesus, talentaku sedikit, uang pun tak banyak, tapi apa yang ada padaku akan kupersembahkan untuk kemuliaan NamaMu, dan pengembangan KerajaanMu. Amin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar