Rabu, 31 Agustus 2011

Karakter yang Teguh

Berjaga-jagalah! Berdiri dengan teguh dalam Iman! Bersikaplah sebagai laki-laki!  Dan tetaplah kuat! I Korintus 16:13

Mungkin anda bertanya, Seberapa pentingkah karakter itu? Jawabannya sederhana saja, karakter sangat penting karena karakter menentukan citra yang ditampilkan seseorang kepada orang lain.
Karakter seseorang sangat mempengaruhi pekerjaan dan pelayanannya di hadapan Allah. Orang yang bisa dipakai secara luar biasa oleh Allah, haruslah orang yang memiliki karakter yang baik, unggul dan baru. Salah satunya adalah karakter yang “Teguh.” Teguh yang dimaksud bukan berarti keras, perkasa, atau tangguh. Hati yang keras tidak baik, tetapi tekad yang teguh itu baik. Pantang mundur dalam menghadapi situasi apapun, itulah artinya teguh.
1.  Orang yang memiliki karakter yang teguh adalah orang yang bertahan dalam imannya demi kebenaran dan tidak akan berubah. Ia bisa bertahan sampai kepada kesudahannya, sama sekali tidak terpengaruh oleh apapun, itulah teguh. Demi Tuhannya, ia tidak takut kepada penderitaan atau hal lainnya, bahkan nyawanya juga tidak disayangkannya, itulah artinya memiliki karakter yang teguh.
2. Orang yang memiliki karakter yang teguh adalah manusia yang batiniahnya kuat. Orang yang teguh bukan ditentukan oleh kuat di luarnya, melainkan kuat di dalam manusia batiniahnya. Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan. (I Tim 1 : 7). Melalui Roh-Nya, manusia batiniah kita dikuatkan dan diteguhkan senantiasa. (Ef 3 : 16)

Sudahkah anda memiliki karakter ini? Pada keadaan yang bagaimanakah anda sekarang? Ketika karakter ini ada dalam hidup kita, maka ia akan menjadikan kita bertumbuh secara rohani, menjadi  orang yang stabil dan tenang menghadapi segala sesuatu. Tuhan Yesus memberkati saudara. (YMK)

Doa:  Tuhan Yesus, aku rindu memiliki keteguhan dalam menjalani hidup di tengah dunia ini. Roh Kudus berkaryalah dalam hidupku. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar