Selasa, 09 Agustus 2011

KASIH ALLAH SELALU MENYERTAI KITA

Sebagai orang beriman kita percaya bahwa kasih Allah tidak berkesudahan dalam kehidupan kita. Kasih itu dapat dinyatakan dalam berbagai cara. Namun dalam kehidupan kita sering muncul keraguan akan kasih Allah, ketika kita berhadapan dengan berbagai macam pencobaan. Dalam situasi tersebut, kita tidak pernah mencoba belajar dari pengalaman masa lalu ketika kita merasakan kasih dan penyertaan Allah.

Bacaan ini memperlihatkan kasih Tuhan yang selalu menyertai sepanjang bangsa Israel menuju tanah perjanjian. Penyebutan 'manna' pada ayat ke-12 mengingatkan kasih dan penyertaan Tuhan ketika umat Israel mengeluh tentang makanan di padang gurun Sin. Tuhan memberikan kepada mereka manna yang menjadi bahan makanan mereka selama kurang lebih 40 tahun (Keluaran 16:35) sampai dengan mereka tiba di tanah Kanaan. Karena setelah mereka tiba di tanah Kanaan mereka dapat memakan yang dihasilkan oleh tanah Kanaan. Namun sebelum mereka memakannya, mereka harus merayakan Paska terlebih dulu. Perayaan Paska tidak hanya sekedar dimaknai sebagai peringatan kasih Tuhan di masa lampau, tetapi juga menjadi bukti dari penyertaan Tuhan dalam perjalanan mereka dan juga sebagai awal dari sebuah kehidupan yang baru yang ditandai dengan berhentinya manna yang diganti dengan makanan dari hasil tanah di Kanaan. Dengan demikian Israel tidak perlu lagi merasa kuatir akan kekurangan bahan makanan.

Kisah ini mengingatkan kita juga untuk tidak perlu kuatir disepanjang perjalanan hidup yang kita jalani. Kasih dan berkat Tuhan selalu menyertai. Tuhan akan menyediakan apa yang menjadi kebutuhan kita. Yang terpenting adalah kita tidak lupa bersyukur.

Bacaan Kitab Yosua 5 : 10-12

Salam sejahtera di dalam Tuhan kita "Yesus Kristus"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar