Jumat, 26 Agustus 2011

Burung, Bunga Bakung, Dan Saya

Burung, Bunga Bakung, Dan Saya

Baca: Lukas 12:22-34
Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu. —Lukas 12:22
Bacaan Untuk Setahun:
Mazmur 116–118 ■ 1 Korintus 7:1-19
Dalam rangkaian episode dari suatu serial televisi di masa lalu, seorang letnan polisi senior selalu mengucapkan kalimat ini kepada para polisi muda yang sedang bersiap keluar menjalankan tugas harian mereka: “Waspadalah saat bertugas!” Ini adalah sebuah nasihat yang baik dan juga ungkapan yang menunjukkan perhatian karena ia tahu apa yang dapat menimpa mereka selama menjalankan tugas.
Yesus juga memberikan peringatan yang serupa kepada para pengikut-Nya, tetapi dengan pernyataan yang bahkan lebih tegas. Lukas 11 diakhiri dengan kata-kata yang menggelisahkan: “Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi terus-menerus mengintai dan membanjiri-Nya dengan rupa-rupa soal” (ay.53). Dalam kelanjutan dari kisah ini, Lukas mengatakan bahwa Yesus dengan penuh belas kasih memerintahkan murid-murid-Nya untuk tetap “waspada” (12:1), tetapi mereka tidak perlu takut atau khawatir (ay.4-7,22).
Yesus berjanji untuk menjaga, melindungi, dan memelihara kebutuhan murid-murid-Nya ketika mereka melayani di dunia. Yesus meyakinkan mereka bahwa karena Dia mempedulikan hal-hal yang sederhana seperti burung di langit dan bunga bakung di padang, mereka dapat memiliki keyakinan bahwa Dia juga akan memelihara “kawanan domba-Nya”, yakni orang-orang yang percaya kepada-Nya (ay.24-32).
Kita tidak dapat mengetahui tentang hari esok. Namun, kita dapat meyakini hal ini: Apa pun yang terjadi, kita berada dalam pengawasan yang penuh kasih dan perhatian dari Gembala Agung kita, yang juga merupakan Anak Allah!

Kutapaki jalan hidupku dengan kekhawatiran
Sungguh terusik dan begitu malangnya
Hingga kupercaya pada Yesus;
Karena imanku, aku pun tenang. —Bosch

Jika Yesus mempedulikan burung dan bunga bakung, Dia pasti juga memelihara Anda dan saya.

TUHAN YESUS memberkati!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar