Minggu, 14 Agustus 2011

Tuhan Pahlawanku

TUHAN itu pahlawan perang; TUHAN, itulah nama-Nya. Keluaran 15:3

Beberapa puluh tahun yang lalu di kota Surabaya, Inggris dengan kekuatan 30.000 pasukan, 50 pesawat terbang dan sejumlah besar kapal perang berusaha mematahkan perlawanan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dan rakyat yang berbekal senjata seadanya. Sejarah mencatat Inggris butuh waktu sebulan untuk bisa menduduki Surabaya seutuhnya. Tentara Inggris dibuat terperangah oleh kekuatan tekad dan semangat pantang menyerah arek-arek suroboyo. Walau Surabaya jatuh ke tangan Inggris peristiwa 10 November 1945 tersebut telah membangkitkan perlawanan rakyat di seluruh Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari rongrongan Belanda melalui Netherlands Indies Civil Administration (NICA)  yang ingin kembali berkuasa.
Sebagai pengikut Kristus sesungguhnya setiap hari kita ada di medan pertempuran melawan iblis. Iblis tidak pernah berhenti berusaha menjatuhkan kita dari iman kepada Kristus. Mulai dari tawaran manis menyenangkan daging hingga pencobaan berat yang menyesakkan dada, ia perhadapkan kepada kita. Banyak anak Tuhan yang kemudian undur dari iman karena terjerat narkoba, judi, perzinahan, kesulitan hidup hingga karena penyesatan. Mereka jatuh karena tidak melibatkan Tuhan dalam peperangan rohani melawan iblis.
Nasehat Tuhan Yesus ini bagus untuk kita simak: “Berjagalah dan berdoalah supaya kamu jangan jatuh dalam pencobaan.” Berjagalah adalah bagian dari upaya kita untuk tidak jatuh dalam dosa. Sedangkan berdoa kepada Allah adalah upaya kita melibatkan Allah untuk berperang bagi kita. Allah tidak mungkin berpangku tangan ketika kita berdoa. Ia akan bersegera menolong dan melepaskan kita bila jerat iblis mulai melilit kita. Allah bersedia 24 jam sehari dan  7 hari dalam seminggu untuk membela kita anak-anaknya bila kita berseru dan berdoa kepadaNya.
Hari ini  tidak ada salahnya bila melalui renungan ini saya mengingatkan Anda bahwa Pahlawan Perang sejati Anda adalah Kristus Yesus. Anda tidak akan mungkin menang menghadapi cobaan hidup tanpa melibatkan Kristus. Dan satu-satunya cara melibatkan Kristus dalam peperangan rohani Anda adalah dengan BERDOA. Ketika Anda mulai berdoa Iblis gemetar dan bersiap lari dari hadapan Anda.(TW)
Doa: Tuhan Yesus, aku butuh Engkau berperang bersamaku menghadapi cobaan hidup ini. Bersama-Mu Tuhan kemenangan dan sukacita pasti datang ganti kekalahan dan kesengsaraanku. Amin.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar