Jumat, 24 Agustus 2012

KARUNIA YANG BERLAINAN

Demikianlah kita mempunyai karunia yang berlain-lainan menurut kasih karunia yang dianugerahkan kepada kita. (Roma 12: 6a)

holy spirit.jpgKata karunia dalam bahasa Inggeris dipergunakan kata “gifts” yang artinya adalah pemberian. Karunia ini diberikan secara cuma-cuma atau berdasarkan anugerah semata-mata. Karunia Roh juga diberikan hanya karena anugerah Allah yang diberikan kepada orang percaya melalui pekerjaan Roh Allah dalam diri mereka.
Karunia yang diberikan kepada gereja Tuhan adalah untuk kepentingan jemaat dan berguna untuk membangun kerohanian jemaat. Alkitab mencatat ada berbagai macam karunia Roh yang dituliskan dalam I Korintus 12: 7-11 maupun Roma 12: 6-8. Setiap orang diberikan karunia yang berbeda–beda tergantung pemberian dan kehendak Allah dalam kehidupan kita masing-masing, bukan karena kehebatan atau prestasi keagamaan kita.
Ada orang yang memiliki hanya satu karunia, tetapi ada juga orang yang diberikan lebih dari satu karunia. Satu atau banyak karunia,  tergantung kepada Allah yang mengetahui dengan tepat apa yang diperlukan dan manfaatnya bagi gerejaTuhan itu sendiri. Saudara tidak berhak menentukan berapa banyak karunia yang saudara kehendaki, walaupun saudara dapat memintanya kepada Tuhan. Ia sendiri yang akan memberikan menurut kasih karuniaNya.
Pemahaman ini sangat diperlukan dalam usaha kita untuk meningkatkan kerohanian dan membangun rumah rohani kita, karena banyak orang yang keliru dan menuntut supaya Tuhan memberikan karunia seperti yang dikehendakinya. Tidak ada karunia yang baik atau karunia yang kurang baik. Semua karunia yang diberikan Allah adalah baik bagi kita semua. Kitalah yang seringkali membeda-bedakan dan membuat penilaian berdasarkan pikiran dan pertimbangan kita sendiri.
Saudaraku, apakah karunia Roh yang saudara miliki sekarang? Sudahkah saudara mempergunakannya untuk membangun tubuh Kristus? Apakah selama ini saudara berusaha untuk tidak mau mempergunakannya karena saudara mendapatkan karunia yang tidak sesuai dengan keinginan saudara? Jangan batasi kuasa Allah yang mau bekerja dalam hidup saudara. Tuhan Yesus memberkati. (PHM)

Doa: Terima kasih Tuhan untuk karunia yang Kau berikan padaku. Tolongku mempergunakannya untuk kepentingan jemaat dan untuk kemuliaan namaMu. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar