Senin, 20 Agustus 2012

Karunia Roh

Kejarlah kasih itu dan usahakanlah dirimu memperoleh karunia-karunia Roh, terutama karunia untuk bernubuat. I Korintus  14:1

healing.jpgBanyak anggapan di antara jemaat Kristen bahwa karunia Roh hanya diberikan Allah kepada hamba-hamba Tuhan. Tetapi bila kita melihat dorongan yang diberikan oleh Rasul Paulus dalam 1 Korintus 14:1 dan membandingkannya dengan 1 Korintus 1:1, maka kita jadi mengerti bahwa dorongan untuk memiliki karunia Roh justru disampaikan Paulus kepada semua jemaat Korintus. Artinya, kita pun sebagai jemaat tidak ada salahnya memperoleh karunia-karunia Roh. Sebaliknya secara tersirat sudah sepantasnyalah hamba-hamba Tuhan memiliki karunia-karunia Roh.Tentu saja di atas usaha kita memperoleh karunia-karunia Roh, kita harus hidup dalam kasih.
Sangat penting bagi kita untuk melayani Tuhan dengan berbekal karunia-karunia Roh. Karunia kesembuhan misalnya. Dunia sekuler di luar kita sangat menantikan demonstrasi kuasa mujizat kesembuhan Allah. Pengalaman saya ketika menjadi tim KKR seorang hamba Tuhan dengan karunia kesembuhan membuktikannya. Ketika seseorang disembuhkan Tuhan, tidak hanya membuat yang mengalami kesembuhan menjadi lebih yakin akan kuasa Allah. Tetapi juga keluarganya, orang-orang sekitar yang tahu sejarah penyakitnya, bahkan orang satu kampung, mengakui kemahakuasaan Tuhan bahkan banyak yang kemudian bertobat.
Saya jadi teringat akan nasehat Pdt. A.H. Mandey ketika menyinggung soal topik ini. Beliau mendorong jemaat tidak perlu takut untuk berdoa kesembuhan bagi mereka yang sakit tanpa peduli sakit yang diderita. Ya, tanpa karunia pun sebenarnya berbekal janji Tuhan dalam Markus 16 sebagai jemaat, kita punya backup yang kuat. Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya…
Hari ini bila Saudara adalah seorang jemaat yang terlibat dalam pelayanan terutama perkunjungan atau bezoek, izinkan dorongan dari Rasul Paulus dalam ayat di atas masuk dalam rohmu: “Usahakanlah dirimu memperoleh karunia-karunia Roh!”
Doa: Tuhan Yesus, lengkapilah pelayananku dengan karunia-karunia Roh-Mu, agar dunia tahu Engkau sungguh Allah yang berkuasa. Amin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar