Selasa, 28 Agustus 2012

KARUNIA MENASEHATI

“Sebab kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan” 1 Korintus 12:8

nasehat.jpgMenasehati adalah tindakan membesarkan hati, mendorong, memberi kekuatan, memberi jalan keluar atau solusi dan membangkitkan pengharapan yang baru bagi orang lain. Menasehati adalah karunia dari Allah yang diberikan kepada manusia agar dapat disalurkan kepada sesamanya. Jika besi dapat menajamkan besi, maka manusia harus mampu menghibur dan menasehati sesamanya (Ams 27:17). Menasehati adalah karunia yang diberikan oleh Tuhan Yesus melalui karya Roh Kudus kepada setiap orang percaya.
Roh Kudus adalah seorang penolong dan penasehat adanya (Yoh 14:16). Seperti halnya yang telah di nubuatkan oleh nabi Yesaya, seorang Anak akan lahir untuk kita, seorang Putera telah diberikan untuk kita;lambang pemerintahan ada di atas bahuNya, dan namaNya disebutkan orang : Penasehat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai (Yes 9: 5) Jadi setiap orang percaya, akan memiliki karunia yang sama yang dimiliki Tuhan Yesus, yaitu karunia menasehati. (Rm 12: 8)
Sebagai contoh suatu cerita di dalam kitab Kisah Para Rasul 9:19-31, disitu diceritakan bahwa Barnabas oleh karena mempunyai karunia menasehati dan mendamaikan, berhasil menolong Rasul Paulus yang sebelumnya bernama Saulus, yang dulunya menjadi seorang penganiaya orang-orang percaya, sehingga ditakuti dan dibenci oleh para murid Tuhan, bahkan para murid-murid sudah merencanakan membunuh Saulus.
Tetapi oleh karena karunia menasehati itu ada pada Barnabas, maka para murid yang lain menjadi yakin dan dapat menerima Saulus yang kemudian berubah nama menjadi Paulus.
Sehingga akibatnya dalam waktu yang singkat jemaat di seluruh Yudea, Galilea, dan Samaria berada dalam keadaan damai. Jemaat itu dibangun dan hidup dalam takut akan Tuhan. Jumlahnya makin hari makin bertambah besar dan hal ini dapat terjadi hanya oleh karena pertolongan karunia Roh Kudus (Kis 9:31) (WB)

Doa: Tuhan, sekarang aku menyadari betapa pentingnya karunia menasehati. Tolongku agar nasehat yang kuberikan dapat menjadi berkat bagi sesamaku, sehingga mereka dapat tetap kuat dalam menghadapi pencobaan. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar