Selasa, 24 April 2012

ORA ET LABORA

ORA ET LABORA PDF Print E-mail
“Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah.” Filipi 1: 22

ora_et_labora.jpgSebuah tulisan yang ditempelkan sebagai stiker pada sebuah mobil yang melintas di depan saya, berbunyi sama dengan judul renungan hari ini. Tulisan tersebut telah memberi inspirasi dan semangat yang baru kepada saya, bahwa dalam menghadapi setiap tugas pekerjaan dan pelayanan kita harus selalu “berdoa dan bekerja.”
Sahabat Suluh Iman, bukankah seringkali kita merasa puas dan bangga dengan prestasi keberhasilan yang telah kita capai di tahun lalu. Sebaliknya, kita mungkin merasa gagal dan kecewa karena tidak mencapai prestasi yang kita inginkan. Keberhasilan itu seharusnya menyadarkan kita, bahwa tanpa pertolongan dan campur tangan Tuhan maka segala kerja dan usaha kita akan sia-sia. Sebaliknya, walaupun kita rajin berdoa tetapi kalau tidak mau berusaha dan bekerja, maka hasilnya juga adalah nol besar.
Tuhan Yesus telah mengajarkan bahwa kita harus bekerja selagi hari siang, karena malam akan datang dimana tidak ada seorangpun dapat bekerja. (Yoh 9: 4) Rasul Paulus juga memberi contoh tentang pengalaman dirinya sendiri sebagaimana kita baca dalam ayat di atas.
Baik Tuhan Yesus maupun Rasul Paulus, keduanya adalah orang-orang yang mengerti arti dan pentingnya untuk berdoa, karena itu doa adalah hal utama yang dilakukan setiap saat dalam hidup mereka. Tetapi, banyak orang Kristen yang salah mengerti dengan prinsip ini. Mereka pikir dengan menyerahkan segala sesuatu kepada Tuhan dalam doa itu sudah cukup. Mereka beranggapan bahwa Tuhan pasti mengabulkan permohonan doa dari anak-anakNya? Titik.
Tetapi tidak cukup dengan hanya berdoa saja. Kita perlu selalu berdoa kepada Tuhan, tetapi kita juga wajib untuk bekerja. Jangan jadikan Tuhan sebagai pelayan atau pembantumu, tetapi jadikanlah Tuhan sebagai mitra atau partnermu. Izinkan Tuhan mengerjakan apa yang tidak bisa kita kerjakan, tetapi kerjakanlah dengan segenap hati apa yang harus kita kerjakan. Kiranya Tuhan Yesus menyertai dan memberikan keberhasilan karena saudara senantiasa berdoa dan bekerja. (PHM)

Doa :  Ya Tuhan, tolongku semakin menyadari, bahwa berdoa dan bekerja adalah kehendakMu supaya aku mencapai keberhasilan di tahun yang baru ini. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar