Selasa, 24 Januari 2012

Rubahlah cara berpikirmu

Rubahlah cara berpikirmu
“Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.” (Roma 12:2)

Bro & Sis yang saya cintai, sebagai anak Tuhan kita perlu tahu bahwa akal budi atau pikiran kita memiliki kekuatan yang sangat luar biasa. Karena sangat disayangkan bila orang percaya memiliki kebiasaan buruk dengan memelihara pikiran-pikiran yang tidak sesuai dengan Firman Tuhan. Dengan melakukan demikian orang tersebut memberikan kesempatan bagi iblis untuk mempengaruhi cara berpikir mereka untuk memanifestasikan perbuatan-perbuatan seperti dalam Galatia 5:19-21.

Untuk menjaga diri kita dari usaha iblis yang ingin menguasai hidup kita, maka kita harus memiliki cara berpikir yang sepenuhnya dipimpin oleh Roh Kudus. Dengan kata lain kita harus merubah akal budi atau cara berpikir kita seperti yang tertulis dalam Roma 12:2 diatas. Di saat kita lahir baru, seluruh diri kita termasuk roh kita juga lahir baru dalam Kristus (2 Korintus 5:17). Namun sebagai manusia normal, untuk merubah cara berpikir kita memerlukan suatu proses harian terus menerus. Caranya adalah dengan membaca dan merenungkan Firman Tuhan setiap hari, karena dengan melakukan demikian cara berpikir kita akan menjadi sejajar dengan pikiran Kristus. Dan di saat itulah kita dapat mewujudkan janji-janji Tuhan dalam hidup kita.

Semua anak-anak Tuhan memiliki pikiran Kristus (1 Korintus 2:16). Seperti apakah pikiran Kristus itu? Yang pasti cara berpikir Yang Diurapi adalah yang penuh damai sejahtera dan sukacita. Dan dengan memiliki pikiran Kristus berarti kita memiliki pandangan dan solusi Ilahi atas segala bentuk situasi. Saya pribadi lebih memilih solusi Tuhan daripada solusi diri saya sendiri. Oleh karena itu, seperti yang tertulis dalam 2 Korintus 10:5,”Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus.” Maka sudah selayaknya setiap pemikiran kita sejajar dengan pikiran Tuhan.

Bila pikiran kita diarahkan sesuai dengan Firman Tuhan, maka kita mengarahkan diri kita sendiri menuju kesuksesan. Kita jadi memiliki hikmat, kebijaksanaan, kekuatan, serta kemampuan untuk melakukan segala sesuatu. Cara berpikir yang telah diperbaharui oleh Firman Tuhan menjamin kelimpahan dan kemakmuran dalam setiap aspek kehidupan kita. Oleh karena itu, saya mengajak saudara saudariku dalam Kristus untuk merubah cara berpikir kita agar berlandaskan Firman Tuhan.

Doa:
Bapa, selama ini kami berusaha mengerjakan segala sesuatu dengan mengandalkan kekuatan diri kami sendiri. Usaha yang kami lakukan berdasarkan saran dan mencontoh orang lain. Namun saat ini kami sadar bahwa semua jalan yang pernah kami tempuh bukanlah cara-Mu. Kami minta Bapa ubahlah cara berpikir kami, karena mulai saat ini kami mau melakukan segala sesuatu sesuai dengan cara-Mu. Bapa, kami menyerahkan diri kami untuk Engkau rubah sesuai kehendak-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa dan mengucap syukur. AMIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar