Selasa, 03 Januari 2012

PERBUATAN TUHAN YANG BESAR

PERBUATAN TUHAN YANG BESAR
Ketika kita menerima sesuatu dari seseorang, kita akan mengucapkan terima kasih dan tidak mudah melupakan perbuatan baiknya kepada kita, apalagi sesuatu yang kita terima itu adalah hal yang sangat berarti. Setiap saat kita menerima perbuatan kasih Tuhan yang besar dalam hidup kita. Apakah kualitas ucapan terima kasih kita kepada sesama itu sama atau melebihi kualitas ucapan terima kasih kita kepada Tuhan?

Pe-mazmur mengingatkan kita melalui pembacaan ini untuk bersorak-sorai memuji perbuatan kasih Tuhan bagi kita. Kualitas pujian yang dinaikkan itu perlu disertai dengan hati yang penuh dengan sukacita, karena sorak-sorai atau pujian kepada Tuhan bukan hanya menunjuk pada perbuatan Tuhan di masa lampau namun juga menunjuk pada perbuatan Tuhan yang sementara Dia lakukan bagi kita saat ini dan yang akan Ia lakukan pada masa mendatang. Bagiamana perasaan kita ketika kita menerima sesuatu yang berharga dan berharap akan menerimanya? Tentu kita akan bersukacita. Perasaan inilah yang perlu mewarnai setiap pujian kita kepada Tuhan.

Perbuatan-perbuatan Tuhan yang besar juga dapat kita rasakan bukan hanya ketika kita mengalami hal yang menyenangkan namun sebaliknya dalam pergumulan kita, kita dapat merasakan dan melihat perbuatan Tuhan yang besar itu. Dengan demikian ketika kita mengalami pergumulan berat, kita diingatkan untuk merasakan dan menantikan perbuatan tangan Tuhan bagi kita. Pertolongan-Nya tepat pada waktunya, itulah juga yang dialami bangsa Israel dalam pengembaraan mereka.

Kita diingatkan juga pada panggilan sebagai umat Tuhan yang telah merasakan perbuatan Tuhan yang besar yang besar itu, untuk memperkenalkan perbuatan dan kasih Tuhan bagi sesama di mana saja kita berada.

Mazmur 66 : 1-4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar