Kamis, 12 Januari 2012

DARIPADA MENGELUH, LEBIH BAIK BERDOA DAN BERSORAK DI DALAM TUHAN

DARIPADA MENGELUH, LEBIH BAIK BERDOA DAN BERSORAK DI DALAM TUHAN
Bacaan diambil dari kitab Habakuk 3: 14-19

Ada banyak orang yang beranggapan bahwa tidak ada lagi yang bisa dilakukan untuk dapat keluar dari kesusahan dan kesulitan hidup sekarang ini.

Anggapan ini tidak berlaku bagi kita yang beriman kepada Tuhan Yesus. Sebab di dalam Tuhan Yesus ada jalan keluar. Di dalam dan bersama Tuhan Yesus, kita akan melakukan banyak hal. Dan hal penting yang selalu harus kita lakukan adalah berdoa dengan yakin.

Ketika nabi Habakuk mengalami kesusahan dan kesulitan bersama umat Israel pada zamannya, ia pun berdoa kepada Tuhan. Dalam doanya nabi sangat yakin bahwa Tuhan akan menolong dan menyelamatkan umat-Nya dari kesusahan mereka seperti yang telah dilakukan-Nya. Tuhan berjalan maju bersama umat-Nya bagaikan seorang staria dan pemanah yang ulung untuk menghalau dan menghancurkan orang-orang yang memperkaya diri dan yang menindas orang lain.

Mengalami Tuhan seperti itu, membuat nabi tetap sabar dan tabah menjalani hari-hari kesusahannya. Sehingga meskipun semua usahanya tidak menghasilkan atau hasilnya mengecewakan. Namun ia akan selalu bersorak-sorak di dalam Tuhan karena yakin Tuhan akan menyelamatkannya. Tuhan adalah kekuatan baginya dan seluruh umat-Nya. Bahwa Ia akan tetap menguatkan dan membuat mereka terus berjejak menjalani hidup ini sesulit apa pun.

Jangan kita hanya mengeluh menghadapi kesusahan dan kesulitan hidup ini. Daripada mengeluh saja lebih baik kita berdoa dengan sungguh kepada Tuhan Yesus maka kita akan yakin bahwa Ia akan menolong kita. Sehingga kitapun bisa berkata, 'biar sayur kubis jatuh harga; pohon tomat kena hama; cengkeh tidak berbuah; hewan ternak sudah habis terjual; gaji tidak naik-naik tetapi harga-harga terus naik. Tetapi aku akan bersyukur dan bersorak-sorai di dalam Tuhan Yesus karena Dia sumber Hidup, Juruselamat dan Kekuatan kita. Haleluya!'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar