Rabu, 11 Januari 2012

BERSAMA TUHAN KITA LAKUKAN PERKARA YANG BESAR

BERSAMA TUHAN KITA LAKUKAN PERKARA YANG BESAR
Bacaan diambil dari kitab 1 Samuel 17 : 53-54

Dua ayat yang menjadi bahan renungan kita merupakan bagian yang tidak terpisahkan, dalam kisah Daud yang mengalahkan Goliat, yang ditakuti orang Israel dan ‘simbol' kepahlawanan orang Filistin, dengan mengumban sebuah batu ke dahi Goliat itu. Bahwa Daud telah mengalahkan Goliat bukan karena kehebatannya menggunakan ‘senjata' tetapi "Hari ini juga TUHAN akan menyerahkan engkau ke dalam tanganku dan akan mengalahkan engkau dan memenggal kepalamu dari tubuhmu; hari ini juga aku akan memberikan mayatmu dan mayat tentara orang Filistin kepada burung-burung di udara dan kepada binatang-binatang liar, supaya seluruh bumi tahu, bahwa Israel mempunyai Allah,"(ay.46).

Jadi, bagi Daud, Tuhanlah yang telah membuat dia dapat mengalahkan Goliat. Kemudian dikatakan bahwa Daud ‘mengambil kepala orang Filistin yang dipancungnya itu dan membawanya ke Yerusalem' (ay.54). Yerusalem adalah pusat Kerjaan Israel saat itu. Apabila Daud membawa kepala Goliat ke Yerusalem memberi makna bahwa Israel, atas pertolongan Tuhan, telah mengalahkan orang Filistin dan hal tersebut harus diketahui oleh seluruh orang Israel. Tuhan telah memberikan kemenangan bagi Israel atas musuh mereka, yang saat itu ditakuti. Awalnya Saul mengatakan pada Daud, ‘tidak mungkin engkau dapat menghadapi orang Filistin..sebab engkau masih muda, sedang dia sejak dari mudanya telah menjadi prajurit' (ay.33), tetapi kenyataannya, Tuhan membuktikan bahwa orang yang Dia sertai diberikan kemampuan untuk menaklukkan yang dianggap lebih kuat dan lebih berpengalaman darinya.

Kita sering dianggap remeh orang lain. Mungkin seringkali pula kita menganggap bahwa kita tidak dapat melakukan hal yang luar biasa. Dari cerita Daud ini kita tahu bahwa bersama dengan Tuhan, kita dapat melakukan perkara-perkara yang luar biasa. Percayalah !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar