Kamis, 05 Januari 2012

BANGUNLAH, ANGKAT TILAMMU DAN BERJALAN

BANGUNLAH, ANGKAT TILAMMU DAN BERJALAN
Penyakit dan penderitaan sering melemahkan kita; bukan hanya fisik tetapi terlebih keyakinan iman kita. Makin lama kita sakit dan menderita, makin lemah iman kita. Apalagi orientasi untuk sembuh adalah pada sesuatu yang hanya berlangsung sewaktu-waktu; bukan pada keyakinan iman kepada Kristus.

Air kolam Betesda telah lama dipercaya oleh orang-orang Yahudi dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Sebab dipahami bahwa ketika air itu bergoncang, itu tandanya malaikat Tuhan sedang turun. Siapa yang lebih dulu masuk kolam saat itu, ia akan sembuh. Tidak aneh jika di semua serambi dekat kolam tersebut banyak orang yang menderita berbagai penyakit sengaja diletakkan di situ. Yesus yang hadir saat itu di Yerusalem dalam rangka perayaan juga ikut mengunjungi kolam tersebut. Ia melihat seorang yang sudah sangat lama menderita,

yakni tiga puluh delapan tahun. Yesus tahu bahwa orang tersebut tidak bisa bergerak, hanya terbaring lemah, sehingga tidak mungkin akan masuk ke kolam Betesda. Melihat keadaan dan sikapnya yang pasrah, Tuhan Yesus pun menawarkan kesembuhan. Tuhan Yesus ingin memberi pemahaman baru bahwa ia pasti sembuh dengan hanya melakukan perintah-Nya. Maka Yesus pun memerintahkan dia untuk bangun, mengangkat tilamnya dan berjalan. Bila dengan yakin dia melakukan perintah Tuhan, dia pun sembuh. Kesembuhan yang dialami membuat dia bersaksi tentang Tuhan Yesus kepada orang-orang Yahudi yang melarangnya mengangkat tilam pada hari Sabat.

Jangan biarkan penyakit dan penderitaan melemahkan iman kita. Jangan juga menaruh harapan untuk sembuh pada sesuatu yang bersifat sementara. Beriman sungguh kepada Tuhan Yesus, dan lakukan firman-Nya maka apa pun sakit kita, pasti sembuh.

Yohanes 5 : 1-11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar