Selasa, 08 November 2011

Proses Pembentukan Tuhan

Proses Pembentukan Tuhan PDF Print E-mail
knife_making_process.jpgPernahkan Saudara melihat bagaimana sebuah pisau yang tajam dibuat? Proses pembuatan diawali dari sebuah batang besi yang telah diukur sesuai dengan panjang dan lebar pisau yang dikehendaki. Kemudian batangan besi tersebut dibakar sambil ditempa lewat pukulan palu yang bertubi-tubi sehingga akhirnya berbentuk pisau seperti yang dikehendaki oleh pembuatnya. Setelah itu barulah besi yang telah berbentuk pisau tersebut diasah sehingga tajam dan dipoles sehingga menarik dan berkilauan. knife_making_process.jpg“Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya.”Amsal 27:17

Pernahkan Saudara melihat bagaimana sebuah pisau yang tajam dibuat? Proses pembuatan diawali dari sebuah batang besi yang telah diukur sesuai dengan panjang dan lebar pisau yang dikehendaki. Kemudian batangan besi tersebut dibakar sambil ditempa lewat pukulan palu yang bertubi-tubi sehingga akhirnya berbentuk pisau seperti yang dikehendaki oleh pembuatnya. Setelah itu barulah besi yang telah berbentuk pisau tersebut diasah sehingga tajam dan dipoles sehingga menarik dan berkilauan.
Proses pembentukan karakter kekristenan kita seringkali diawali bagaikan sepotong besi yang kasar, keras, buruk dan tidak berguna. Diperlukan pukulan yang berkali-kali lewat kesulitan hidup dan pencobaan yang kita alami sehingga akhirnya menjadi sebuah manusia dengan model dan karakter seperti yang dikehendaki oleh sang Pencipta. Hal tersebut mungkin terasa panas dan menyakitkan. Bahkan seringkali membuat kita merasa tidak tahan dan  berteriak kesakitan. Tetapi itulah proses yang harus kita jalani agar menjadi sebuah alat yang indah dan berguna bagi orang lain.
Demkian juga seringkali Tuhan memakai orang lain untuk membentuk karakter kita lewat konflik, ketidakcocokan, perbedaan pendapat, perdebatan, kritik, ejekan bahkan perbuatan yang menyinggung perasaan dan harga diri kita.
Bagaimanakah dengan pembentukan karakter yang Tuhan sedang kerjakan dalam kehidupan Saudara? Mungkin saat ini saudara sedang mengalami hal-hal yang sulit dan menyakitkan dengan perbuatan orang lain yang ada di sekitar saudara, apakah itu teman kerja, saudara kandung, saudara seiman, majikan, orang tua, anak-anak atau bahkan pendeta saudara sekalipun.
Bersabarlah dan anggap itu sebagai suatu proses pembentukan yang Tuhan izinkan dan kehendaki terjadi dalam hidup saudara supaya saudara memiliki nilai yang mulia seperti emas. Ayub juga mengalami proses pembentukan Tuhan yang sangat menyakitkan, tetapi ia berkata dalam Ayub 23 : 10 sbb: “Karena Ia tahu jalan hidupku; seandainya Ia menguji aku, aku akan timbul seperti emas.” (PHM)

Doa: Tuhan berikanlah kesabaran dan ketekunan kepadaku dalam proses pembentukanMu. Jadikan hidupku sebagai alatMu yang berguna. Amin.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar