Rabu, 09 November 2011

Juara Olahraga

Juara Olahraga PDF Print E-mail
lari.jpg“Seorang olahragawan hanya dapat memperoleh sebagai juara, apabila ia bertanding menurut peraturan-peraturan olahraga.” 2 Timotius 2:5

Olahraga adalah salah satu bidang yang mendapat perhatian besar di Negara kita. Lihat saja oplaag tabloid “Topskor” yang mencapai satu juta pembaca setiap hari karena berisi berita-berita mutakhir seputar dunia olah raga. Selain itu, pemerintah kita juga memiliki satu departemen yang khusus mengurusi kehidupan pemuda dan olah raga. Olah raga memang baik dan diperlukan untuk menjaga kesehatan manusia, apalagi bagi kita yang hidup di kota besar dengan tingkat polusi dan gangguan kesehatan yang tinggi.
Alkitab juga menyoroti mengenai olah raga karena hal itu merupakan bagian dari kehidupan manusia sehari-hari. Salah satu hal yang dikatakan oleh ayat di atas adalah bahwa olahragawan harus mengikuti peraturan-peraturan yang telah ditentukan. Mereka yang bisa mengikuti peraturan-peraturan itulah yang berhak menjadi juara. Bukan semata-mata kekuatan, kecepatan atau ketangkasan yang menentukan kemenangan seorang olahragawan.
Saudara tentu masih ingat bagaimana petinju Mike Tyson dalam suatu pertandingan tinju kelas berat dunia beberapa tahun lalu telah menggigit telinga petinju Evander Holyfield sehingga ia mendapat diskualifikasi dan tidak boleh melanjutkan pertandingan, apalagi untuk memenangkan kejuaraan tinju tersebut. Kehebatan dan popularitasnya serentak runtuh karena ia tidak mengindahkan peraturan-peraturan tinju yang harus ditaatinya.
Dalam menjalani kehidupan kekristenan, kita juga harus mengikuti peraturan-peraturan yang ditentukan oleh Tuhan dalam FirmanNya. Ada yang menyangkut masalah etika, moral, sosial, kesehatan dan sebagainya. Tentunya peraturan-peraturan itu dibuat agar manusia hidup bahagia, sehat, sejahtera dan rukun satu dengan lainnya.
Pelanggaran terhadap peraturan yang Tuhan tentukan mengakibatkan seorang anak Tuhan menjadi kalah atau di-diskualifikasi dalam pertandingan imannya. Akibatnya ia bisa gagal masuk ke dalam sorga. Ketaatan terhadap peraturan Tuhan adalah sangat mutlak jika ingin mengalami kemenangan. Jangan mengabaikan atau meremehkan peraturan Tuhan hanya karena saudara menginginkan kesenangan atau pujian sesaat. Lakukanlah semuanya itu dengan rasa hormat dan takut akan Tuhan. Ia telah menyediakan Mahkota Kemuliaan di dalam Sorga bagi mereka yang menang dan bersedia mengikuti peraturan-peraturanNya. (PHM)

Doa: Tolongku Tuhan untuk mengikuti peraturan dalam FirmanMu. Jadikan aku seorang juara sejati karena bersedia mentaatinya. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar