Kamis, 20 Oktober 2011

TOPENG

Matius 23:28 Demikian jugalah kamu, di sebelah luar kamu tampaknya benar di mata orang, tetapi di sebelah dalam kamu penuh kemunafikan dan kedurjanaan.

Salah satu kesenian tradisional Madura adalah Topeng. Topeng sebenarnya adalah sejenis kesenian wayang orang jawa. Bedanya, para pemain topeng mengunakan topeng yang menutup wajah mereka. Topeng - topeng itu mengambarkan karakter tokoh yang sedang mereka mainkan. Tidak jarang topeng wanita dimainkan oleh pemain pria atau sebaliknya. Para penonton tidak akan pernah melihat wajah asli mereka selama pertunjukkan. Topeng-topeng itu di cat dengan warna-warni sehingga menarik, meskipun wajah mereka belum tentu menarik.

Orang-orang munafik di gambarkan sebagai orang yang memakai topeng. Semua terlihat bagus di luar meskipun tidak mengambarkan keadaan yang sebenarnya. Orang-orang munafik cenderung menutupi kejahatan dan ketidak baikkan mereka melalui perbuatan-perbuatan yang menarik atau mengesankan orang lain. Pria yang hebat berkhotbah diatas mimbar belum tentu baik dlm kehidupan sehari-sehari di masyarakat dan keluarga, Wanita yang hebat ketika memimpin pujian di panggung KKR belum tentu memiliki kehidupan yang penuh dengan pujian dalam kehidupan sehari-hari, seseorang yang sering kali berbicara dan berdebat ttg Kristus, berdebat ttg ayat-ayat firman Tuhan belum tentu dia adalah pengikut kristus yg sejati dan belum tentu mereka memahami betul ttg firman Tuhan itu sesunggunya. Betapa mudanya mata ini tertipu oleh penampilan.

Yesus melihat bahwa orang-orang farisi, yang notabene adalah orang-orang yang sangat paham agama dan peraturan-peraturan agama ternyata hidup dlm kemunafikkan yang parah. Mereka hanya pelaku agama, tetapi konsep kasih tidak pernah mereka sentuh. Mereka mendapat seperti ini hanya untuk mendapat pujian dari manusia, dan tidak pernah berusaha menyenangkan hati Allah. Mereka melakukan perintah-perintah taurat bukan karena kasih kepada Allah. Periksalah hati kita masing-masing, adakah kemunafikkan-kemunafikkan yang perlu di buang di dalamnya? Jika ada, hari ini adalah saat terbaik untuk membereskan diri di hadapan Allah. Ia ingin agar kita hidup kudus, luar dalam sehingga kita menyenangkan hati-Nya.

Tanggalkan topeng kita yg penuh kemunafikkan dan kenakan topeng keselamatan Tuhan

GBU all (^_^)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar