Minggu, 09 Oktober 2011

Dikala Hatimu Gelisah

  • Dikala Hatimu Gelisah
    SIAPA saja bisa mengalami kegelisahan! Apakah saat ini hatimu sedang gelisah? Kata ’gelisah’ dalam Kamus Indonesia artinya suatu gejala yang dialami manusia ketika menghadapi masalah. Ciri-cirinya adalah perasaan tidak tenang, tidak tentram, tidak konsentrasi, suasana hati lelah karna emosi yang sulit dikendalikan. Tahukah Anda apa penyebab kegelisahan? Sesungguhnya kalau kita tahu apa sebabnya, pasti kegelisahan kita saat itu sirna. Namun kebanyakan kita tidak tahu, itu sebabnya hati kita selalu terserang kegelisahan. Kegelisahan disebabkan oleh kekecewaan terhadap sesuatu, dengan kata lain disebabkan ketidak penerimaan kita.

    Rasa kekecewaan tidak selalu hal negatif. Allah sering menggelisahkan kita, tetapi tujuan-Nya selalu baik. Dia kadang memakai perasaan kecewa atau persoalan fisik dan spiritual kita untuk membawa kita pada pemahaman baru. Sebagai contoh, ketika kita sudah merencanakan sesuatu, katakan saja namanya program ’si-jitu’, tetapi realitanya program tersebut tidak terealisasi, maka hati kita mulai capek mikirin ’si-jitu’, kekecewaan menjadi subur karna segalanya telah kita upayakan terhadap ’si-jitu’. Makan tidak enak, tidur tidak nyenyak, emosi meletup-letup... tetapi hati-hatilah supaya amarahmu tidak menjadi harimaumu! Kita harus sadar bahwa hidup kita telah diatur oleh Tuhan. Tuhan berdaulat atas setiap keberadaan kita. Jangan menuntut pada yang bukan porsi kita, tetapi bersyukurlah karna ’adanya maksud Tuhan yang jauh lebih baik dibalik semua perencanaan kita’.

    Kita memang harus sibuk untuk mengatur dan menjalankan setiap yang Tuhan percayakan kepada kita, tetapi jangan mendahului setiap rencana-Nya. Tujuan kegelisahan yang ada pada setiap hati kita hanya untuk menarik perhatian kita agar tetap fokus kepada Tuhan. Tidakkah kita selalu mengingat; ”bahwa Allah melakukan jauh lebih daripada apa yang kita pikirkan atau rencanakan?” Karna itu, marilah kita melakukan apa yang menjadi bagian kita, maka Allah akan melakukan apa yang menjadi bagian-nya.Nya Masihkah hatimu gelisah??.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar