Minggu, 10 Juni 2012

GIVE ME THE MOUNTAIN !

Ia berkata kepada mereka: "Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, -- maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu. Matius 17:20.

gunung.jpgTuhan Yesus pernah berbicara tentang iman, “Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, - maka gunung ini akan pindah…”

Gunung seringkali dipakai sebagai gambaran permasalahan yang besar. Tuhan Yesus tidak berjanji bahwa jika kita mengikutNya, kita ada di jalan tol bebas hambatan. Tidak! Tapi satu hal yang Ia janjikan bahwa Ia senantiasa beserta dan memberi kita kekuatan untuk menanggungnya dan memberikan jalan keluar.

Pada ayat di atas, Yesus berbicara tentang “iman minimal” – iman biji sesawi sanggup memindahkan gunung. Tapi pernahkah Saudara diperhadapkan kepada “gunung yang tidak bisa dipindahkan”? … sebab “gunung ini harus diduduki”!

Banyak anak Tuhan lebih senang meminta agar gunung permasalahan dipindahkan daripada harus bersusah-susah menaklukkannya. Tapi Kaleb, seorang yang mengikut Tuhan dengan sepenuh hatinya, ketika diperhadapkan kepada gunung yang dipenuhi oleh bangsa Enak, orang-orang berukuran raksasa – ia tidak berpikir untuk meminta tanah pegunungan yang ‘lebih aman, lebih mudah’. Mengapa Kaleb begitu berani?

Yosua 14:12, “Oleh sebab itu, berikanlah kepadaku pegunungan, yang dijanjikan TUHAN..."
Kaleb tetap berpegang kepada janji yang Tuhan berikan kepadanya, meski janji itu membutuhkan 45 tahun sampai kepada penggenapannya. Dan sekalipun pegunungan Hebron adalah pegunungan yang penuh tantangan, tapi janji Tuhan membuat Kaleb dan suku yang dipimpinnya berani maju menghalau musuh, walau Kaleb sekarang berusia 85 tahun tapi kekuatan yang berasal dari janji Tuhan membuat semangat Kaleb tetap menyala.

Saudara, kemurnian hati kita mengikut Tuhan akan diuji lewat masalah yang seperti gunung yang tidak bisa dipindahkan, bahkan untuk menaklukkan gunung itu dibutuhkan bertahun-tahun mengikuti jalan yang berputar… tetapi milikilah iman yang bertumbuh dan keyakinan bahwa Tuhan yang berjanji, maka Tuhan jugalah yang pasti akan menggenapi. (DA)

DOA : TUHAN, jagailah hatiku agar tetap memandang kepada janjiMU yang tak akan pernah berubah dimakan oleh waktu. Hidupkanlah aku menurut kasih setiaMU. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar