Rabu, 25 September 2013

Arti Profesi Sesungguhnya

Seorang pemuda yg sdg lapar pergi menuju sebuah warung di kaki lima. Saat ia sdg makan, datanglah seorang anak kecil menjajakan kue kepadanya, "Pak, mau beli kue?" Dgn ramah pemuda itu menjawab,"tidak, saya sedang makan". Anak kecil tersebut tdk berputus asa dgn tawaran pertama. Ia tawarkan lagi kue setelah pemuda itu selesai makan. Sipemuda menjadi risih untuk menolak, kemudian ia mengeluarkan uang Rp 5.000 dan memberikannya sebagai sedekah saja. Anak kecil itu lalu mengambil uang pemberian sang pemuda dan memberikannya kepada pengemis. Pemuda tadi bingung dan bertanya,"Mengapa kamu berikan uang itu kepada pengemis?"

Anak kecil penjaja kue tersenyum lugu menjawab," saya sdh berjanji sama ibu ingin menjual kue ini, bkn menjadi pengemis. Dan, saya akan bangga puulang ke rumah bertemu ibu jk kue buatan ibu terjual habis". Pemuda tadi merasa kagum dgn kata2 anak kecil itu dan memborong semua kue yg dijajakan, bukan krn kasihan, ttp krn prinsip yg dimilikinya. "Kerja adalah sebuah kehormatan"; ia akan mendapatkan uang jika sdh bekerja dgn baik.

Semoga cerita tsb bisa menyadarkan kita tentang arti pentingnya kerja. Kerja bkn sekadar demi uang semata. Sebaliknya, kita mengerti pentingnya kebanggan terhadap profesi yg kita miliki. Sekecil apapun profesi itu, bila dikerjakan dgn sungguh2, sangatlah besar artinya. Jadikanlah pekerjaan sbg sarana utk mengekspresikan talenta dan sarana utk memberikan kontribusi positif bagi kehidupan orang lain.

Pandanglah pekerjaan Anda sebagai hal yg besar. Pikirkan bahwa pekerjaan Anda saat ini adalah penting. Jabatan berikutnya sangat bergantung pd cara pandang Anda terhadap pekerjaan yg sekarang.
Selamat pagi,  selamat beraktifitas, 


GBU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar