Sabtu, 27 April 2013

Menghadapi Masalah

"Karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan." Rom 5:3-4

Orang Kristen yg dewasa, tdk akan selalu dgn mudah minta pertolongan Tuhan agar mengangkat masalahnya;

justru sebaliknya ia akan berusaha menyelesaikan masalahnya dgn disiplin yg tinggi menggunakan semua potensi yg telah dikaruniakan Tuhan kpd dirinya.

Ini bukan berarti kita tdk mengharapkan pertolongan Tuhan ; sebab Tuhan tdk akan menolong kita, kalau kita tdk menolong diri kita sendiri.

Dlm hal ini, kita tdk berharap TUHAN menolong, kalau masih ada wilayah tanggung jawab kita.

Kita hrs sangat yakin bahwa Tuhan pasti menolong kalau persoalan yg kita hadapi melampaui kesanggupan kita.

Dgn menggumuli masalah hidup kita tersebut, TUHAN hendak mengajar kita utk bertanggung jawab dan membentuk kita menjadi pribadi yg berintegritas tinggi.

Jangan berpikir Tuhan dgn mudah mengubah hidup kita tanpa mengajak kita bergumul utk bertanggung jawab dan meningkatkan integritas kita.

Bgmn seseorang dpt belajar menjadi dewasa dan bertanggung jawab, kalau masalahnya selalu dgn serta-merta diselesaikan Tuhan dgn mudah dan ajaib?

Dgn demikian, kita tahu bahwa masalah yg Tuhan izinkan utk kita alami bukanlah masalah lagi, tetapi pelajaran berharga yg membawa berkat abadi.

Kesulitan pun bisa merupakan berkat TUHAN , asal kita tahu bgmn meresponinya


Gbu all...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar