Rabu, 07 Desember 2011

MAKNA KEHILANGAN

  • MAKNA KEHILANGAN (Ayub 1 : 20-22)
    Ayub 1:21 katanya: "Dengan telanjang aku keluar dari kandungan ibuku, dengan telanjang juga aku akan kembali ke dalamnya. TUHAN yang memberi, TUHAN yang mengambil, terpujilah nama TUHAN!

    Siapa yang tidak sedih jika kehilangan sesuatu dalam hidupnya? Seorang ibu menanggis pedih karena kehilangan anak tunggalnya yang meninggal kerena sebuah kecelakaan. Semua orang akan mengerti kepedihan hati sang ibu dan memakluminya apabila sang ibu menanggisi kepergian si anak sedemikian rupa.

    Bicara tentang kehilangan, sungguh tidak akan dapat menandingi kepedihan Ayub. Bayangkan, dalam sekejap hartanya habis. Bukan hanya itu, kepedihannya makin bertambah ketika semua anaknya meninggal seketika, bahkan kesehatannya pun hilang. Dalam sekejab Ayub, yang semula adalah orang yang kaya raya, menjadi orang yang sangat miskin.Dari orang yang memiliki anak menjadi ayah yang tanpa anak lagi. Dari orang yang sehat menjadi orang yang memiliki sakit borok di sekujur tubuhnya. Ditambah lagi dengan cibiran dari sang istri, orang yang seharusnya menjadi penolong dalam hidupnya. Kurang apalagi derita yang di rasakan oleh Ayub? Namun yang luar biasa, dari mulut Ayub tidak keluar sedikit pun kata-kata keluhan, tetapi sebuah kata-kata pujian, " TUHAN yang memberi, TUHAN yang mengambil, terpujilah nama TUHAN!" (Ay 21). Ayub sadar bahwa apa yang ia miliki saat itu bukanlah miliknya, melainkan milik Tuhan, sehingga tatkala Tuhan mengambil semua yang ada pada Ayub, Ayub tidak protes dan menuduh Tuhan sebagai tokoh yang kejam dan tidak adil.

    Adakala dalam hidup kita mengalami kehilangan. Memang berat dan pedih jika kita mengalaminya. Namun, mari kita memandang semua itu sebagaimana Ayub memandangnya supaya kita dapat menghadapi peristiwa kehilangan dengan tetap berpengharapan.

    SEGALA SESUATU MILIK TUHAN DAN KITA DI PERCAYA UNTUK MENGELOLANYA

    TUHAN MEMBERKATI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar